Hal Penting Dalam Berjualan Di Marketplace Dan Website

Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi? jika kamu ingin mencoba mencari uang dengan berjualan secara online sudah pasti akan berifikir bahwa dimana  saya harus menjual produk apakah di marketplace yang tidak membutuhkan modal dan skill yang besar karena hanya upload produk dan menunggu pembeli atau berjualan di website yang sudah pasti membutuhkan modal, kemampuan untuk membuat website, dan mendatangkan pembeli ke website. Dari semua hal tersebut pertanyaannya adalah "Lebih Laris/cepat laku Mana" berjualan di marketplace atau website? Mungkin harus keduanya?, Pada artikel ini kamu akan mengetahui perbedaan berjualan di Marketplace dan Website.

Penulis sendiri sangat suka jika membeli barang secara online karena banyak memberikan kemudahan dalam transaksi dan bisanya barang yang dijual secara online lebih murah dibanding toko fisik, penulis juga sudah pernah membeli barang melalui marketplace maupun barang yang di jual melalui website secara langsung tanpa adanya pihak ketiga. Jika dilihat dari sudut pembeli tentunya pilihan untuk berbelanja pada marketplace lebih diutamakan karena banyak pilihan barang dari toko yang berbeda dengan harga yang berbeda pula serta terkadang pihak marketplace memberikan beberapa promo yang menarik untuk pembeli, walaupun begitu berjualan di website juga memiliki nilai sendiri dari sudut pembeli jika website tersebut benar-benar dapat dipercaya, hal ini dapat dengan mudah jika produk yang di jual sudah memiliki nama dan brand sudah dikenal di masyarakat. Untuk itu silahkan kalian baca tentang keuntungan dan kerugian jika berjualan di Marketplace dan Website sehingga kalian yang sedang berjualan memiliki gambaran apa yang harus diperhatikan jika berjualan pada platform tersebut.


Keuntungan Berjualan Di Marketplace?

Jika kamu memilih marketplace untuk menjual produk kamu ini merupakan hal yang tepat jika kamu adalah pemain baru dalam hal berjualan dikarenakan marketplace adalah tempat yang cocok untuk berjualan karena kamu hanya perlu mendaftar dan memposting produk. Berikut adalah hal - hal yang penting dan informasi kenapa harus menggunakan marketplace.

1. Lebih Aman Untuk Penjual Dan Pembeli
Pada sistem marketplace penjual dan pembeli akan terlindungi dari unsur penipuan baik yang dilakukan oleh penjual ataupun pembeli, ini merupakan hal yang paling berguna bagi pembeli karena jika barang yang sudah dibeli namun tidak sesuai dengan apa yang dijual atau terdapat kerusakan pembeli dapat mengajukan komplain ke pihak marketplace.

2. Mendapatkan Trafik Organic Yang Besar Secara Gratis
Bagaimana hal tersebut bisa terjadi untuk produk kita bisa mendapatkan trafik yang besar secara gratis, Saat ini jika kita melihat daftar marketplace besar yang ada di indonesia mereka mencoba untuk melakukan persaingan dengan marketplace lain untuk mendatangkan pembeli ke situs mereka dengan cara apapun seperti mengadakan promo yang menarik dan jika ada calon pembeli yang membuka situs marketplace tersebut dan mencari suatu produk yang kebetulan pembeli melihat produk kamu otomatis akan mendatangkan trafik yang gratis karena pembeli ingin memanfaatkan promo dari marketplace tersebut.

3. Kemungkinan Untuk Masuk Pencarian Di Google
Hal ini terjadi ketika jika ada seorang pembeli hal pertama yang dia lakukan adalah membuka situs pencarian google untuk mendapat informasi tentang produk yang ingin dibeli, dan biasanya pada pencarian google rata-rata yang muncul ada situs marketplace. Jika toko kamu di marketplace sudah populer akan muncul toko dan produk kamu yang berada di pencarian teratas ini tentu merupakan sebuah keuntungan jika menggunakan marketplace karena marketplace sudah mempromosikan produk kamu dan tidak memikirkan tentang seo.

4. Terdapat Marketplace Ads
Saat ini kebanyakan marketplace di indonesia sudah memililki fitur ads yang dikelola oleh marketplace tersebut tentunya penggunaan marketplace ads ini memiliki keuntungan sendiri karena lebih tertarget pada produk yang dicari oleh pembeli dan jika kamu menggunakan fitur ads ini produk kamu akan muncul dipencarian paling atas di marketplace.

Kekurangan Berjualan Di Marketplace

1. Kemungkinan Terjadinya Perang Harga
Berjualan di marketplace tidak hanya ada toko dan produk kamu namun juga penjual lain yang menjual produk yang sama, jika ada kompetitor produk yang sama mencoba menurunkan harga jual pasaran otomatis pembeli akan lebih tertarik dengan harga yang murah dengan kualitas yang sama.

2. Kamu Harus Memiliki Reputasi Yang Baik
Jika kamu adalah penjual yang pemula dan belum memiliki reputasi sama sekali kamu harus memperhatikan hal tersebut yang harus dilakukan adalah meningkatkan penjualan dan berhati-hati dengan review yang memberikan bintang 1 pasti akan berdampak pada keinginan pembeli jika melihat ada review yang kurang bagus.

3. Sulit Untuk Menghubungi/Followup Pembeli Yang Sudah Order
Peraturan yang harus dipatuhi oleh penjual adalah untuk tidak memberikan informasi pribadi seperti nomor whatsapp atau email karena pembeli merasa mereka lebih aman jika menggunakan marketplace.

Kemudian bagaimana jika ingin berjualan dengan menggunakan website? Berikut adalah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan jika menggunakan website.

Keuntungan Berjualan Di Website?

1. Tidak Terjadinya Perang Harga
Jika menggunakan website untuk berjualan kamu akan langsung berhadapan dengan pembeli dan tentunya untuk mendapatkan minat pembeli kamu harus memasukkan bukti pengiriman yang sudah pernah dilakukan testimoni dari pembeli otomatis akan terdapat rasa percaya terhadap website tersebut yang selanjutnya pembeli akan mentransfer langsung ke rekening pribadi penjual.

2. Lebih Mudah Dikenal Dan Terpercaya
Ini akan lebih menguntungkan kedepannya jika kalian telah berhasil melakukan branding sendiri karena pembeli akan merasa meraka akan membeli di website yang sudah mempunyai brand dan terkenal. Untuk melakukan ini tentu dibutuhkan kemampuan untuk membangun backlink, seo, ataupun beriklan untuk mendapatkan peringkat teratas di pencarian google.

3. Mudah Diarahkan Ke Media Social
Kamu sebagai penjual dan pemilik website bisa dengan bebas mencantumkan link social media, nomor yang dapat dihubungi, atau bahkan link toko marketplace. Ini memudahkan pembeli untuk melihat reputasi website kamu melalui social media atau langsung via chat pribadi.

Kekurangan Berjualan Di Website

1. Membutuhkan Biaya
Berbeda dengan berjualan di marketplace yang tidak membutuhkan biaya hal ini tidak berlaku jika kamu menggunakan website karena kamu membutuhkan biaya untuk membeli domain dan membeli hosting, kamu bisa membeli domain dan hosting murah dan terpercaya di website Domain murah rumahweb. Jika kamu ingin menghasilkan penjualan yang cepat pasti akan melakukan promosi juga dengan memanfaatkan google ads, facebook ads dan lain-lain.

2. Harus Bisa Maintance Website
Hal ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh pemilik website, karena jika terjadi down terhadap website pasti akan menurunkan penjualan dan kamu pasti harus melakukan perbaikan terhadap website kamu yang down.

3. Harus Paham Target Market
Maksudnya adalah kamu sebagai penjual harus mengetahui kepada pembeli seperti apa produk kamu akan dijual jika menggunakan website ini bisa di atur dengan menggunakan iklan atau teknik seo untuk memberikan target pembeli yang cocok.

Berdasarkan penjelasan diatas untuk saran saya manakah yang harus dipilih antara berjualan di marketplace atau website kedua platform tersebut memiliki kemudahan dan kesulitan kemudian menurut pendapat pribadi saya kamu harus melakukan berjualan pada kedua platform alasannya karena peluang produk terjual semakin besar karena pembeli datang dari trafik yang berbeda, lalu bagaimana jika tidak memeliki modal atau biaya yang cukup untuk membangun sebuah website, Tenang saja saat ini kamu bisa membeli kebutuhan domain dan hosting bisa membeli di Hosting murah rumahweb.


Rumahweb.com - Tidak hanya menjual domain dan hosting saja kamu juga bisa membeli kebutuhan yang lain seperti email, vps, serifikat ssl, bahkan terdapat jasa pembuatan website yang bisa kamu gunakan jika tidak memiliki kemampuan untuk membangun website sendiri.

sumber: rumahweb.com
DomainJika kamu membutuhkan domain untuk website bisa membelinya di Domain murah Rumahweb karena mereka memberikan harga yang terjangkau mulai dari Rp.12000 untuk domain .my.id atau domain yang lain tergantung kebutuhan kamu. Rumahweb sudah melayani penjualan domain sejak 2002 dan pastinya sudah profesional dalam memberikan layanan sehingga tidak perlu khawatir karena di rumahweb memiliki fitur Domain Management Panel, DNS Management, Privacy Protection, Social Media Connect, Domain Locking, Support DNSSEC.
sumber: rumahweb.com
Hosting - Tidak lengkap rasanya jika membeli domain tanpa membeli hosting karena di rumahweb juga menyediakan hosting untuk website kamu, terdapat banyak pilihan paket Hosting murah, dengan harga murah mulai Rp20000/bulan dengan spesifikasi yang bagus ditambah dengan gratis web builder, yang memudahkan membuat website hanya dengan drag dan drop. Jika kamu tidak mau repot dalam membangun website rumahweb juga memberikan jasa pembuatan website yang murah dan bagus dari Rumahweb.
sumber: rumahweb.com
Tidak hanya menjual domain dan hosting rumahweb juga menjual layanan lainnya seperti Cloud Server, Google Suite, Email, SEO, Sertifikat SSL dan Naga Cyber Defense, yang tentunya tidak perlu dikhawatirkan tentang profesionalitas yang diberikan oleh rumahweb karena mereka dapat membantu pelanggan yang mengalami kesulitan selama 24 jam yang dapat dihubungi melalui chat, email dan telepon.

Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter