Memanfaatkan Domain, Email Dan Membuat Website Sederhana Untuk Jualan Online

Bagaimana sih caranya memanfaatkan sebuah domain kemudian membuat sebuah website sederhana untuk kebutuhan dalam berjualan online? Oke untuk postingan ini admin blog akan membahas bagaimana cara menjawab pertanyaan diatas, nanti akan kita mulai dengan cara memilih nama domain, membuat website sederhana tanpa perlu paham coding, dan cara untuk membuat sebuah email yang profesional menggunakan nama domain yang sudah kita persiapkan.

Cara Memilih Nama Domain Yang Bagus

Hal pertama yang harus kita persiapkan tentunya adalah nama domain, sesuai dengan tema judul postingan saat ini adalah memilih nama domain untuk berjualan secara online, berikut adalah tipsnya:
  1. Gunakanlah nama domain yang mudah diingat dan tidak terlalu panjang alasannya adalah jika kamu memiliki nama domain yang mudah diingat tentunya akan memudahkan calon pembeli dalam mengunjungi website nantinya.
  2. Kamu bisa membuat nama domain untuk keperluan branding jadi usaha jualan online kamu memiliki identitas yang unik seperti domain yang akan saya contohkan nanti yaitu tedd.my.id, atau kamu bisa menggunakan kata yang sudah ada seperti kata benda dan kata kerja. Contohnya adalah keripikmedan.com
  3. Banyak ekstensi domain yang ada di seluruh dunia maupun di indonesia, namun kamu jangan khawatir harus memilih ekstensi domain yang bagaimana. Saya sarankan cobalah menggunakan domain .COM atau jika terlalu mahal harganya kamu bisa menggunakan domain .MY.ID yang bisa kamu beli di Rumahweb dengan harga Rp12.000,
Jika kamu sudah mengetahui saran dan tips dari saya dan sudah membeli domain kemudian yaitu, bagaimana caranya untuk membuat sebuah website yang sederhana dengan dengan mudah, jadi kamu yang tidak memiliki kemampuan dalam hal coding jangan khawatir karena saya akan memberikan contoh untuk membuat website dengan hanya drag and drop. 

Jadi pada contoh website yang akan saya buat adalah dengan memanfaatkan website builder dari weebly, sebelum itu kamu juga harus memiliki sebuah hosting yang akan dihubungkan ke domain. Kamu bisa membeli hosting murah dan bagus di Rumahweb dengan harga Rp.25000/bulan dan kamu juga akan mendapatkan weebly dengan gratis, saya juga menggunakan hosting dan domain dari Rumahweb untuk membuat website yang akan saya contohkan.

Membuat Website Dengan Weebly Di Rumahweb

  • Login ke akun rumahweb dan aktifkan fitur weebly
  • Kemudian klik pada menu edit website dan kamu akan dialihkan ke web weebly web builder rumahweb
Hosting murah

  • Selanjutnya adalah kamu harus memilih sebuah template yang akan dibuat sebagai tampilan dari website kamu. Saya akan memilih template dengan nama Hugo karena cocok dibuat sebagai website untuk keperluan berjualan.
  • Setelah kamu memilih template selanjutnya adalah saatnya untuk melakukan edit pada halaman website, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengganti title pada header sebagai contoh kamu bisa melihat gambar dibawah ini.
  • Tahap selanjutnya adalah klik pada area yang berwarna merah seperti gambar dibawah kemudian pada menu Add Layout silahkan diklik.
  • Selanjutnya adalah pilih menu Featured kemudian kamu scroll kebawah dan pilih seperti yang dilingkari merah dan klik save.
  • Setelah itu kamu akan mengedit menu tersebut dengan cara mengganti gambar pada menu Replace Image dan kemudian kamu bisa mengupload gambar yang akan kamu jual.
  • Silahkan kamu ganti pada gambar yang lainnya dan jangan lupa untuk melakukan edit pada bagian text tersebut. Kamu juga bisa melakukan pengaturan lainnya pada gambar tersebut seperti gambar dibawah ini.
  • Tahap selanjutnya adalah pada bagian menu di sisi kiri silahkan klik dan tarik menu section tepat dibawah pada area sebelumnya yang telah dibuat dan pilih Menu kemudian scroll kebawah untuk memilih section seperti gambar dibawah.
  • Kemudian lakukan edit pada teks yang ada dan sesuaikan dengan keperluan kamu contohnya seperti gambar dibawah ini.

  • Kemudian seperti tahap sebelumnya kamu pilih kembali section dan pilih menu contact lalu scroll ke bawah untuk memilih tampilan menu seperti gambar dibawah ini, dan lakukanlah edit sesuai dengan kebutuhan. Kamu dapat lihat saya mencantumkan alamat email yang profesional dengan nama domain nanti akan saya bahas bagaimana cara membuatnya.
  • Kamu juga dapat menambahkan sebuah halaman lainnya seperti halaman contact, about, dan lain-lain.

Untuk penjelasan dari saya tentang cara membuat website sederhana dengan memanfaatkan fitur weebly yang bisa didapatkan dengan gratis saat kamu membeli sebuah paket hosting dengan tipe apapun, untuk pembuatan website saya harap kalian dapat mengikuti penjelesan diatas, kalian juga bisa untuk lebih kreatif lagi dalam menggunakan website builder tersebut :) Selanjutnya, saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk membuat sebuah alamat email menggunakan domain.

Membuat Email Dengan Domain Di Rumahweb

  • Pada saat kamu membeli sebuah paket hosting di Rumahweb kamu akan mendapatkan cpanel untuk membangun sebuah website, jadi untuk membuat email silahkan kamu login ke cpanel. kemudian pada menu email pilih Email Accounts.
  • Kemudian klik tombol Create untuk membuat email.
  • Pada bagian ini kamu akan mengatur nama email, password, dan kapasitas penyimpanan email, silahkan kamu isi sebagai contoh dapat dilihat pada gambar dibawah, setelah kamu melakukan pengaturan tersebut klik tombol create
  • Kamu telah berhasil membuat sebuah email dengan nama domain kamu sendiri, selanjutnya pada gambar dibawah klik Check Email.
  • Pada tampilan dibawah ini kamu harus memilih webmail client, sebagai contoh saya menggunakan roundcube kemudian klik Open.


  • Kamu sudah berhasil membuat sebuah email dengan nama domain yang telah kamu beli sebelumnya. tampilan webmailnya seperti gambar dibawah ini.

Pada akhirnya saya telah menjelaskan tentang cara dan tips memilih sebuah nama domain, kemudian proses pembuatan website dengan memanfaatkan weebly, dan yang terakhir adalah cara pembuatan email dengan menggunakan nama domain.

Setelah kamu melakukan semua proses tersebut website kamu sudah bisa digunakan sebagai media julalan, kamu juga dapat menambahkan website tersebut ke akun media sosial kamu dan jika kamu ingin mengiklankan produk, kamu dapat memberikan alamat domain yang telah dibuat sehingga kamu akan terlihat lebih profesional dalam berjualan secara online.

Terima kasih telah membaca tulisan saya :)

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter